Malaysia

file-21.JPG

Disambut Khusus di SIK, Bikin Iri Rombongan Lain

Empat hari berada di Malaysia dimanfaatkan betul oleh rombongan guru favorit se-Indonesia. Setelah menimba pengalaman di SMK Bandar Utama, keeseokan harinya mengunjungi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK). Lawatan ke sekolah ini menimbulkan kesan yang mendalam, terutama bagi rombongan asal Cirebon. Kenapa?

***

Kunjungan ke SIK pada Rabu 17 Juli 2006 pagi memang sangat spesial terutama bagi guru favorit yang berasal dari Cirebon. Selain suasana dan “aroma” sekolah seperti sekolah di tanah air, kunjungan itu layaknya reuni sebuah keluarga. Ini karena dua guru SIK berasal dari SMAN 7 Kota Cirebon, salah satunya adalah alumnus pemilihan guru favorit versi pembaca Radar Cirebon tahun 2005 lalu, Drs Robani.

Yang membuat terharu campur bangga, sambutan luar biasa diperlihatkan tuan rumah. Selain jamuan dan hiburan tari Jaipong, acara penyambutan di aula sekolah setempat seakan-akan ditujukan hanya untuk rombongan Radar Cirebon. Lihat saja, spanduk yang dibuat terkesan khusus untuk para guru favorit versi pembaca Radar Cirebon.

Karuan, sambutan yang sangat procirebon ini sempat menjadi bahan guyonan. “Wah acara ini hanya untuk guru-guru dari Radar Cirebon, bukan untuk kita. Lihat saja spanduknya,” kata Ardiansyah, Direktur Radar Lampung yang menjadi pimpinan rombongan guru favorit Provinsi Lampung.

Sambutan yang diluar dugaan itu merupakan hasil kerja dua guru asal Cirebon, Dadang Hermawan MED dan Drs Robani. Mereka aktor penting di balik acara itu. Tidak mengherankan memang, Dadang Hermawan memiliki posisi cukup penting di sana. Pria lulusan S2 Pendidikan Matematika Universitas Malaya ini menjabat Wakasek Bidang Kurikulum. Sedangkan, Robani meski belum enam bulan mengajar di sana cukup aktif dan menjadi guru andalan SIK.

Setelah beramah tamah, dipandu Kepala SIK, Abdul Jawat, rombongan diajak berkeliling melihat fasilitas sekolah yang beralamat di No 1 Lorong Tun Ismail Kuala Lumpur. Sekolah yang didirikan tanggal 10 Juli 1969 itu menempati bangunan tua peninggalan Inggris. Karenanya, pihak sekolah tidak leluasa melakukan pengembangan karena tidak diperbolehkan mengubah bangunan yang termasuk benda cagar budaya.

SIK merupakan kompleks sekolah terpadu mulai dari SD sampai SMA. Masing-masing ruangan dilengkapi AC dan audio visual (DVD). Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum tahun 2004. Jumlah siswa tahun 2007, tercatat 233 siswa (SD), 143 (SMP) dan 125 (SMA) dengan guru 22 orang.

Kepala SIK, Abdul Jawat mengatakan, sejumlah prestasi telah diraih sekolahnya. “Bulan lalu kami mendapat juara pada even seni antar sekolah Indonesia yang digelar di Bangkok, Thailand. Salah satunya siswi kami Fitria yang membawakan tari Jaipong,” katanya bangga. Selain di bidang seni, SIK juga menonjol dalam bidang akademis. Banyak lulusan SIK yang berhasil menembus perguruan tinggi negeri (PTN) di tanah air. “Tiap tahun terus mengalami peningkatan. Tahun 2003, 85 persen lulusan SIK diterima PTN, tahun 2004 sebanyak 92 persen dan tahun 2005 meningkat 95 persen. Kebanyakan lulusan kami masuk Fakultas Kedokteran UI,” katanya.

Abdul Jawat juga mengungkapkan, sekolahnya meraih hasil baik dalam ujian nasional (UN) beberapa waktu lalu. Semua siswa SIK lulus dengan nilai yang cukup memuaskan. “Semua itu berkat sistem pengajaran terpadu dan dukungan guru-guru. Kami juga sudah memulai dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa dengan langsung mengambil guru orang asing,” jelasnya. (bersambung/2)

0 Responses to “Malaysia”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




November 2006
M T W T F S S
    Dec »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Flickr Photos

6922

untitled

Coigach

More Photos

Top Posts


%d bloggers like this: