Thailand

file-3.JPG

Pengusaha Koran Bangun Sekolah

Setelah Malaysia, negara tujuan studi banding berikutnya adalah Thailand. Kendati kondisi negeri Gajah Putih itu hampir sama dengan Indonesia, namun tetap saja ada yang berbeda. Selain dibedakan oleh kepercayaan mayoritas penduduk Thailand (beragama Buddha) dan budaya yang unik, ternyata pendidikan di sana tidak lepas dari peran industri surat kabar atau koran.

***

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Thaliand bukan saja menjadi bidang garapan pemerintah. Pengusaha media juga ikut peduli, salah satunya dengan mendirikan sekolah dasar (SD). Inilah yang dilakukan koran terkemuka di Thailand, Thairat. Tidak tanggung-tanggung, Thairat membangun sekolah sebanyak 101 buah.

Rombongan guru favorit tidak menyia-nyiakan kesempatan menimba pengalaman dengan mengunjungi salah satu sekolah tingkat dasar (SD) milik koran Thairat yakni, Thairathwithaya 75 di Bangkok. Angka 75 itu merupakan sekolah ke-75 yang dibangun koran Thairat.

Sekolah yang luasnya sekitar 1,5 hektare itu dipimpin oleh Mrs Ratri berlokasi di Whachapol Ramintra Road, Saimai District Bangkok. Karena didirikan oleh kalangan swasta, kegiatan belajar mengajar (KBM) di Thairathwithaya 75 tentunya sangat baik. Yang membuat geleng kepala, biaya sekolah ditanggung oleh koran Thairat, termasuk gaji guru. Namun demikian pihak kerajaan/pemerintah Thailand tetap memberikan bantuan.

”Kami tetap menggunakan kurikulum pemerintah, tapi kami juga diberikan keleluasan untuk membuat program pendidikan sendiri yang efektif bagi siswa. Dalam proses pembelajaran, kami banyak memberikan kebebasan kepada siswa untuk berkreasi sendiri sesuai kemampuan. Guru akan mengakomodasi dan mengarahkan mereka,” papar Mrs Ratri dalam bahasa Thailand.

Meskipun diberikan kebebasan dalam berkreasi, kata Ratri, siswa tetap ditekankan untuk mengedepankan nilai agama dan budaya.. “Kami melihat, siswa benar-benar patuh dan menjalankan keyakinan dengan serius. Pakaian sekolah mereka juga sama dan tidak ada yang berambut panjang. Untuk anak laki-laki potongan rambut cepak dan anak rambut sebahu,” komentar Drs Kardiyah, guru favorit asal MAN Sukra Indramayu.

Di sekolah Thairathwithaya ini, rombongan guru favorit yang dipimpin Dirut Radar Cirebon, H Mahtum Mastoem SE MM memang tidak bisa menyembuyikan rasa kagumnya. Tidak hanya salut atas fasilitas sekolah yang sangat lengkap mulai dari ruang workshop pembuatan koran sampai bioskop mini, rombongan juga terkesan dengan sikap siswa. Ketika rombongan guru favorit berpapasan, mereka langsung mengucapkan salam sambil menempelkan dua telapak tangan di dada.

Pihak sekolah memang sagat ketat dalam hal ini. Sekolah mewajibkan semua siswa setiap pagi sebelum masuk kelas mengikuti doa bersama di halaman. Mereka duduk berderet di halaman sekitar 15 menit dengan mata terpejam dan kedua tangan ditempelkan di dada. Baru setelah itu, siswa menyanyikan lagu rohani dengan iringan musik.

Selain pendidikan agama, sekolah Thairathwithaya 75 juga tetap konsen terhadap pendidikan keilmuan lainnya, seperti Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, komputer dan seni. Yang mencengangkan, meski masih kanak-kanak, mereka sudah dibekali ilmu membuat koran sekolah sendiri. “Tidak menyangka, mereka sejak SD sudah diajarkan software-software pembuatan koran, mulai mengedit gambar pakai photoshop sampai melayout sendiri, walau bentuk korannya masih sederhana,” kata Redaktur Pelaksana Radar Cirebon, Toto Suwarto yang berkesempatan melihat dari dekat kegiatan belajar membuat koran di lantai III. (bersambung/3)

0 Responses to “Thailand”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




November 2006
M T W T F S S
    Dec »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Flickr Photos

6922

untitled

Coigach

More Photos

Top Posts


%d bloggers like this: